BMA Perkuat Kerjasama dengan UNICEF

  • Share this:
post-title

Banda Aceh - Baitul Mal Aceh (BMA) menerima kunjungan beberapa perwakilan UNICEF dari Kanada, Belgia, Swedia dan Indonesia. Temu ramah yang berlangsung di Aula BMA pada Kamis (12/10/2023) ini membicarakan program responsif anak yang telah diintervensi BMA serta kerjasama dengan UNICEF yang selama ini sudah berjalan.

Ketua Badan BMA, Mohammad Haikal, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kunjungan perwakilan UNICEF. Ia mengatakan bahwa BMA sangat mengapresiasi dukungan UNICEF dalam program responsif anak di Aceh.

"UNICEF telah menjadi mitra strategis bagi BMA dalam program pemenuhan kebutuhan dan perlindungan anak di Aceh. Kami sangat berterima kasih atas dukungan UNICEF selama ini," ujar Haikal. "Kami mengharapkan agar program responsif anak yang dilaksanakan oleh BMA menjadi role model pengelolaan program responsif anak dari sumber dana social islamic finance."

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan UNICEF menyampaikan apresiasinya terhadap program responsif anak yang diintervensi BMA. Mereka menilai program tersebut sangat inovatif dan berdampak positif bagi anak-anak di Aceh.

"Program responsif anak yang diintervensi BMA dengan sumber dana zakat sangat unik dan belum pernah terdengar di tempat lain. Program ini telah mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berimbas pada perlindungan anak," kata perwakilan UNICEF.

Pada pertemuan tersebut, kedua pihak juga membahas rencana kerjasama ke depan. BMA dan UNICEF sepakat untuk terus bersinergi dalam program responsif anak di Aceh.

"Kami berharap kerjasama antara BMA dan UNICEF dapat terus berjalan dan semakin ditingkatkan di masa mendatang," ujar Haikal.

Beberapa program responsif anak yang telah diintervensi BMA adalah program sanitasi untuk meningkatkan akses anak-anak terhadap air bersih dan sanitasi yang layak. Kemudian program stunting untuk mencegah dan mengatasi stunting pada anak-anak. Juga ada program penguatan kelembagaan dan fasilitator pendampingan untuk meningkatkan kapasitas lembaga dan fasilitator dalam memberikan layanan kepada anak-anak, serta program bantuan untuk korban kekerasan dalam  rumah tangga dan anak telantar. Program-program tersebut telah memberikan manfaat bagi ribuan anak di Aceh.

Reporter: Putra Misbah
Editor: Arif Arham

Tags: