Gampong Dakuta Kembangkan Wakaf Produktif

  • Share this:
post-title

Aceh Utara, 14 Juni 2023 - Gampong Dakuta, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, merupakan salah-satu gampong penerima bantuan pengembangan wakaf produktif dari Baitul Mal Aceh (BMA) pada tahun 2022. Bantuan yang bersumber dari infak itu digunakan untuk mengembangkan usaha pembuatan batu bata.

Tgk. Amirullah, imam sekaligus Sekretaris Nazir Gampong Dakuta, Rabu (14/6/2023), menjelaskan bahwa pihaknya menerima bantuan pengembangan wakaf produktif dari BMA sebesar Rp 85 juta. Dana stimulus itu sebagian digunakan untuk pembangunan dapur pembakaran batu bata, dan sisanya direncanakan untuk biaya produksi.

"Saat ini, dapur pembakaran sudah selesai," jelas Tgk. Amirullah. "Rencana awal, sisa dari biaya pembangunan dapur pembakaran batu bata akan kami gunakan untuk pembiayaan produksi menunggu ketersediaan bahan baku dan permintaan pasar batu bata."

Gampong Dakuta merupakan salah-satu gampong di Aceh Utara yang mayoritas penduduknya mengandalkan produksi batu bata sebagai mata pencaharian. Sekarang, terdapat sepuluh pabrik produksi batu bata di sana.

Ishak, selaku pengusaha batu bata dan juga anggota Nazir Gampong Dakuta menambahkan bahwa jika permintaan batu bata dan harga tanah liat sudah normal kembali, mereka sudah bisa segera produksi mengingat keuntungan yang diperoleh dari pabrik batu batu cukup menjanjikan.

"Jika dalam satu bulan kami bisa melakukan dua kali produksi dan pembakaran, rata-rata bisa memperoleh keuntungan bersih Rp 4 juta setiap bulannya," pungkas Ishak.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Muara Batu, Lukmal Hakim Yahya, mengapresiasi bantuan BMA dalam mendayagunakan aset wakaf di masyarakat.

"Sesuai arahan Kakanwil Kemenag Aceh, KUA siap membantu melalui pembinaan dan pemantauan aktifitas perkembangan pendayagunaan aset wakaf di masyarakat," kata Lukmal Hakim. 

"Peluang bantuan modal dari BMA," lanjut Lukmal Hakim, "dapat menggerakkan para nazir untuk melengkapi administrasi wakaf, seperti Akta Ikrar Wakaf dan sertifikat tanah wakaf, sehingga aset wakaf terjaga dan produktif."

KUA Muara Batu telah membantu BMA dalam mendata aset wakaf, melengkapi dokumen administrasi aset wakaf, memberi bimbingan kepada nazir, dan memantau proses pendayagunaan aset wakaf di Gampong Dakuta. Mudah-mudahan, dengan kerjasama semua pemangku kepentingan, wakaf produktif dapat meningkatkan taraf hidup warga setempat.

Reporter: Muzzammil
Editor: Arif Arham


Tags: