Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Setorkan Zakat Pegawai ke BMA

  • Share this:
post-title

Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menyerahkan zakat penghasilan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Universitas tersebut ke Baitul Mal Aceh (BMA). Proses penyerahan zakat secara simbolis tersebut berlangsung di Aula Rektorat UIN Ar-Raniry yang diserahkan langsung oleh Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. Mujiburahman, M.Ag, bersama Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. Muhammad Yasir Yusuf, S.Ag., MA. Beserta jajaran pejabat di lingkungan universitas tersebut, Senin (29/1/2024). 

Dalam sambutannya Prof. Mujiburahman sangat berterima kasih atas kehadiran rombongan dari BMA, ia menjelaskan bahwa selama ini UIN Ar-Raniry sudah memiliki lembaga pengelola zakat dan infak yaitu Islamic Trust Fund, yang selama ini bertugas mengelola zakat dan infak dilingkungan UIN Ar-Raniry.

"Alhamdulillah lembaga Islamic Trust Fund yang kami bentuk selama ini sudah membantu lebih dari 330 mahasiswa miskin yang menunggak UKT (Uang Kuliah Tunggal) selama tahun 2023," katanya.

Prof. Mujiburahman menambahkan setiap bulannya jumlah zakat yang dikumpulkan dari pegawai di lingkup UIN Ar-Raniry berjumlah Rp70 juta adapun zakat bulan Januari yang dikumpulkan kali ini mereka serahkan ke BMA berjumlah Rp50 juta, sedangkan Rp20 juta lagi akan tetap di kelola oleh lembaga Islamic Trust Fund UIN Ar-Raniry.

Sementara itu, Ketua Badan BMA, Mohammad Haikal, ST MIFP, Kepala Sekretariat BMA Amirullah, SE, M.Si dan sejumlah pejabat dilingkungan BMA yang menerima langsung penyerahan zakat tersebut mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai UIN Ar-Raniry yang telah memercayai BMA untuk mengelola zakatnya. 

Dalam sambutannya Haikal mengatakan selama ini BMA memiliki banyak program yang bersentuhan langsung dengan mahasiswa miskin termasuk juga mahasiswa yang ada di UIN Ar-Raniry.

"Selama ini kami di BMA berupaya terus hadir untuk membantu mahasiswa yang terkendala biaya, salah satunya dengan cara memberikan biaya bantuan bagi mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir. Alhamdulillah dengan tambahan zakat dari pegawai UIN Ar-Raniry kedepannya akan semakin banyak mahasiswa yang dapat kami bantu," kata Haikal.

Haikal juga berharap kedepannya antara BMA dan UIN Ar-Raniry dapat melakukan kerjasama yang dapat bermanfaat bagi umat. Tak lupa ia juga mendoakan para muzaki yang sudah menyisihkan zakatnya, agar Allah limpahkan segala keberkahan untuknya.

"Zakat ini nantinya akan kita salurkan kepada masyarakat yang berhak menerima sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan tentunya juga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan," pungkas Haikal.

Reporter: Muzzammil

Editor: Arif Arham