25 Mahasiswa Terima Beasiswa  SKSS 2017 dari BMA

25 Mahasiswa Terima Beasiswa SKSS 2017 dari BMA

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh (BMA) kembali memberikan beasiswa penuh Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) kepada 25 mahasiswa tahun 2017. Beasiswa ini diberikan kepada mereka yang berasal dari keluarga miskin selama empat tahun.

Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Zamzami Abdulrani, S. Sos mengatakan beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang diberikan kepada mereka yang dalam keluarganya belum satupun bergelar sarjana, sehingga tidak menghambat cita-cita mereka yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Program ini hadir untuk membantu meringankan beban keluarga miskin yang punya potensi, dengan harapan dapat menekan angka kemiskinan di Aceh,”ujar Zamzami di sela-sela penyerahan beasiswa tersebut secara simbolis di Aula Baitul Mal Aceh, Jumat (15/12/2017).

Dari 25 penerima beasiswa penuh tahun ini termasuk anak muallaf di dalamnya yaitu 17 orang kuliah di UIN Ar-Raniry dan 8 orang lagi kuliah di Unsyiah. Ada pun beasiswa yang mereka terima yaitu biaya bulanan sebesar Rp1 Juta per bulan dan uang SPP setiap semester.

Zamzami menjelaskan, Baitul Mal Aceh merupakan perpanjangan tangan pemerintah Aceh dalam menekan angka kemiskinan. Aceh menduduki posisi pertama termiskin se-sumatera, sedangkan untuk nasional posisi keenam.

Salah satu upaya mengurangi angka tersebut dengan memberi bantuan dalam bentuk jangka panjang seperti beasiswa penuh seperti ini. “Melalui mereka kita berharap menjadi orang sukses dan bisa mengabdi kepada agama dan bangsa dan menjadi pemimpin masa depan,”tambahnya.

‎Harapan Baitul Mal juga suatu hari nanti mereka menjadi duta Baitul Mal dalam menyosialisasikan zakat kepada masyarakat. Oleh karena itu mulai sekarang mereka harus menjaga nama baik dirinya, lembaga, dan keluarganya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh T Sulaiman SE mengatakan setiap manusia ini perlu keterampilan dan ilmu pengetahuan, maka pemerintah berupaya mencari sumber-sumber dana untuk dapat membiayai masyarakat yang ekonominya lemah.

“Oleh karena itu kami sebagai aparat pemerintah berupaya menyalurkan zakat untuk biaya pendidikan, dalam hal ini saya imbau kepada yang menerima beasiswa untuk memanfaatkan sebaik-baiknya,”tandasnya.

Salah seorang penerima beasiswa SKSS, Nurul Husna yang kulia  di UIN Ar-Raniry mengakui sangat bersyukur memperoleh kesempatan mendapat beasiswa ini. Dengan kondisi ekonomi kedua orang tuanya yang kurang mampu sangat menolongnya untuk bisa duduk di banku perguruan tinggi.

“Saya anak kedua dari enam saudara, dalam keluarga kami hanya saya sendiri yang kuliah, alhamdulillah dengan tekad yang kuat dan bantuan dari Baitul Mal Aceh saya bisa kuliah di UIN Ar-Raniry,” ucapnya.[]