A. PROGRAM FAKIR UZUR

  1. SANTUNAN FAKIR UZUR SEUMUR HIDUP

Fakir uzur adalah salah satu kelompok rentan dalam masyarakat yang kondisi sosial ekonominya sangat memprihatinkan. Karena disamping tidak mempunyai harta dan penghasilan, juga usianya relatif tua (manula) serta dalam keadaan sakit-sakitan (uzur). Biasanya fakir uzur tersebut tinggal bersama keluarganya (anak/saudaranya), tetapi keluarga tersebut adalah keluarga miskin. Bahkan ada fakir uzur yang tinggal sebatang kara/ tidak ada sanak saudaranya lagi, dimana kehidupannya sangat tergantung kepada belas kasihan tetangganya.

Salah satu terobosan yang dilakukan Baitul Mal Aceh adalah pemberian santunan fakir uzur seumur hidup. Bantuan Fakir Uzur merupakan salah satu program unggulan Baitul Mal Aceh yang telah dimulai sejak tahun 2007. Bantuan ini diberikan dalam bentuk santunan bulanan sebesar Rp. 300.000. Saat ini fakir uzur binaan Baitul Mal Aceh berjumlah 1561 orang dalam wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar. Program ini ditujukan untuk membantu fakir uzur dalam memenuhi kebutuhan pokok.

  1. BANTUAN ALAT KESEHATAN

Selain pemberian santunan seumur hidup, Baitul Mal Aceh juga memberikan bantuan alat kesehatan untuk mendukung aktivitas sehari-hari dari fakir uzur binaan Baitul Mal Aceh. Bantuan alat kesehatan yaitu kursi roda, alat bantu berjalan (tongkat dan walker), dan alat bantu dengar. Pada tahun 2015, Baitul Mal Aceh menyediakan dana sebesar Rp. 149.700.000,-  untuk kegiatan ini.

B. PEMBANGUNAN RUMAH FAKIR MISKIN SE-ACEH

C. SANTUNAN RAMADHAN

D. SUNATAN MASAL

E. BANTUAN ANAK YATIM