Tidak Bayar Zakat Pemicu Kekeringan

Tidak Bayar Zakat Pemicu Kekeringan

Sejumlah kawasan di Aceh mulai merasakan dampak kemarau, cuaca panas, dan mengeringnya sejumlah sumber mata air.

Para pemerhati lingkungan berpendapat, keringya sumber mata air diakibatkan ekosistem seperti di Mata Ie, sebagai kawasan karst yang terdiri atas pegunungan, flora dan fauna, gua-gua, bebatuan, serta segala kekayaan alam di dalamnya kini dalam kondisi rusak parah.

Kerusakan masif itu diyakini sebagai penyebab utama keringnya mata air di gunung yang bersisian dengan objek kolam pemandian tersebut, di samping faktor musim kemarau yang berkepanjangan.

Lalu bagaimana kemarau dikaitkan dengan petunjuk dalam Alquran dn hadits Nabi?

Dosen Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN)Ar-Rainiry  Abizal Yati, Lc, MA, PhD mengurai fenomena alam INI sebagai sebuah teguran dari Allah Swt.

Menurutnya, faktor-faktor alam yang diurai sebagai sebab akibat mengeringnya mata air Dan kebakaran lahan gambut di Aceh tentu erat kaitannyajuga dengan perilaku manusia.

Abizal Muhammad Yati yang juga penceramah dan dai aktif di Aceh ini mengatakan keengganan membayar zakat Dan perilaku maksiat manusia kepada Allah Swt akan menjadi pemicu tidak bersahabatnya alam kepada penduduknya.

Ia mengutip salah satu hadits yang sesuai dengan keadaan tersebut.

“Jika suatu kaum enggan mengeluarkan zakat dari harta-harta mereka, maka mereka akan dicegah dari mendapatkan hujan dari langit. Sekiranya bukan karena binatang-binatang ternak, niscaya mereka tidak diberi hujan.”

Ustadz Abizal mengatakan solusi kemarau panjang dan kekeringan adalah meminta ampun kepada Allah Swt.

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12)

Nah, cukup jelas bagaimana Alquran dan hadits memberikan ulasan yang patut direnungkan Dan dilaksanakan petunjuknya agar Kemarau segera berakhir dan mata air kembali mengalirkan air petanda kehidupan.

sumber: http://aceh.tribunnews.com/2017/07/25/tidak-bayar-zakat-pemicu-tak-turun-hujan